Islam yang sempurna

.
Apa yang kita dapatkan dari keislaman kita ?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, alangkah baiknya diawali dengan memehami tentang pengertian Islam itu sendiri.

Islam (الإسلام   ) merupakan suku kata dari bahasa arab yang berbentuk masdar ( infinitif ) dimana secara akar kata memiliki beberapa arti yang berbeda dalam suatu hakikat makna yang sama,yaitu :

1. Islam ( الإسلام ) berasal dari kata salm (السَّلْم) 

As-Salmu (السَّلْم) berarti damai atau kedamaian.  Makna suku kata yang dimaksud, diantaranya terdapat dalam al quranulkarim Firman Allah SWT dalam Al-Quran:

 
وَإِنْ جَنَحُوا لِلسَّلْمِ فَاجْنَحْ لَهَا وَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Artinya :Dan jika mereka condong kepada perdamaian, maka condonglah kepadanya dan bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Anfal, ayat 61).

2. Islam ( الإسلام ) berasal dari kata aslama (أَسْلَمَ) 

Aslama ( الإسلام ) artinya berserah diri yang terfokus sepenuhnya pada suatu ketentuan yang pasti tanpa ada keragu -raguan sedikitpun.

Kata – kata penyerahan diri (أَسْلَمَ) yang berarti terpusat kepada Allah subhanahu wata’ala, diantaranya terdapat dalam Al Quranul karim, Annisa, ayat 125.
وَمَنۡ أَحۡسَنُ دِينً۬ا مِّمَّنۡ أَسۡلَمَ وَجۡهَهُ ۥ لِلَّهِ وَهُوَ مُحۡسِنٌ۬ وَٱتَّبَعَ مِلَّةَ إِبۡرَٲهِيمَ حَنِيفً۬ا‌ۗ وَٱتَّخَذَ ٱللَّهُ إِبۡرَٲهِيمَ خَلِيلاً۬
Artinya : “Dan siapakah yang lebih baik agamanya daripada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang diapun mengerjakan kebaikan, dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus? Dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayangan-Nya”. ( Q.S. Annisa,125 )
3. Islam ( الإسلام ) berasal dari kata istaslama–mustaslimun 

Istaslama–Yastaslima – mustaslimun yang berarti penyerahan totalitas tanpa ada alasan sedikitpun untuk menyimpang dari ketentuan Allah subhanahu wataala.  kepada Allah SWT. Firman Allah SWT dalam Al-Quran:

بَلۡ هُمُ ٱلۡيَوۡمَ مُسۡتَسۡلِمُونَ

Artinya : Bahkan mereka pada hari itu menyerah diri” ( Q.S. Assofat , 26 )

Dari pengertian Islam  (الإسلام   ) secara harfiah di atas,  maka Islam dapat dipahami sebagai sebuah sikap, tindakan, prilaku /atau perbuatan seseorang yang selamat dan menyelamatkan yang menghasilakan suatu kedamaian sepanjang waktu hingga yaumil akhirah semata -mata dalam ridho Allah subhanahu wataala.

Dalam rangka menata sikap, tindakan, prilaku /atau perbuatan yang islami, maka seorang muslim dituntun untuk menjalan Islam itu secara sempurna.

يَـٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱدۡخُلُواْ فِى ٱلسِّلۡمِ ڪَآفَّةً۬ وَلَا تَتَّبِعُواْ خُطُوَٲتِ ٱلشَّيۡطَـٰنِ‌ۚ إِنَّهُ ۥ لَڪُمۡ عَدُوٌّ۬ مُّبِينٌ۬

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhannya, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu. (Q.S. Albaqorah : 208)

Kesempuranaan menjelankan Islam akan dapat dilakukan dengan diawali penyerahan diri seorang muslim kepada Allah subhanahu wataala tanpa meynyekutu-Nya dalam berbagai aspek kehidupan. Sebagaimana tuntunan Al Quranulkarim Surat Al An’am.

قُلۡ إِنَّ صَلَاتِى وَنُسُكِى وَمَحۡيَاىَ وَمَمَاتِى لِلَّهِ رَبِّ ٱلۡعَـٰلَمِينَ (١٦٢) لَا شَرِيكَ لَهُ ۥ‌ۖ وَبِذَٲلِكَ أُمِرۡتُ وَأَنَا۟ أَوَّلُ ٱلۡمُسۡلِمِينَ (١٦٣)

Artinya : “Katakanlah: “Sesungguhnya shalat, ibadat, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam, (162) tiada sekutu bagi-Nya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri [kepada Allah]“. ( Q. S. Al An ‘am 162 – 163)

Sebagai pondasi bagi seorang muslim menjalankan islam telah diterangkan dalam hadits nabi besar Muhammad Sallallahu alaihi wasallam, yaitu :

عَنْ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَيْضاً قَالَ: بَيْنَمَا نَحْنُ عِنْدَ رَسُولِ اللهِ ﷺ ذَاتَ يَوْمٍ، إَذْ طَلَعَ عَلَيْناَ رَجُلٌ شَدِيْدُ بَيَاضِ الثِّيَابِ، شَدِيْدُ سَوَادِ الشَّعْرِ، لاَ يُرَى عَلَيهِ أَثَرُ السَّفَرِ، وَلاَ يَعْرِفُهُ مِنَّا أَحَدٌ حَتَّى جَلَسَ إلَى النَّبِيِّ ﷺ فَأَسْنَدَ رُكْبَتَيْهِ إلَى رُكْبَتَيْهِ وَوَضَعَ كَفَّيْهِ عَلَى فَخِذَيْهِ وَقَالَ: يَا مُحَمَّدُ أَخْبِرْنِي عَنِ الإِسْلاَمِ!

فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: «الإِسْلاَمُ أَنْ تَشْهَدَ أَنْ لاَ إلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّداً رَسُولُ اللهِ، وَتُقِيْمَ الصَّلاَةَ، وَتُؤْتِيَ الزَّكَاةَ، وَتَصُوْمَ رَمَضَانَ، وَتَحُجَّ البَيْتَ إِنِ اسْتَطَعْتَ إِلَيْهِ سَبِيْلاً»

قَالَ: صَدَقْتَ. فَعجِبْنَا لَهُ يَسْأَلُهُ وَيُصَدِّقُهُ، قَالَ: فَأَخْبِرِنِي عَنِ الإِيْمَانِ! قَالَ: «أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ، وَمَلاِئِكَتِهِ، وَكُتُبِهِ، وَرُسُلِهِ، وَالْيَومِ الآخِرِ، وَتُؤْمِنَ بِالقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ»

قَالَ: صَدَقْتَ،

Artinya : Dari ‘Umar Radhiyallahu ‘Anhu juga, ia berkata: pada suatu hari kami berada di sisi Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, tiba-tiba datang kepada kami seseorang yang sangat putih pakaiannya, sangat hitam rambutnya, tidak nampak kalau sedang bepergian, dan tidak ada seorang pun dari kami yang mengenalnya. Kemudian dia duduk menghadap Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam lalu menyandarkan lututnya kepada lutut beliau, dan meletakkan kedua telapak tangannya di atas paha beliau. Dia bertanya, “Ya Muhammad! Kabarkan kepadaku tentang Islam.” Maka, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Islam adalah Anda bersyahadat lâ ilâha illâllâh danmuhammadur rasûlûllâh, menegakkan shalat, menunaikan zakat, berpuasa Ramadhan, dan berhaji ke Baitullah jika Anda mampu menempuh jalannya.” Lelaki itu berkata, “Engkau benar.” Kami heran terhadapnya, dia yang bertanya sekaligus membenarkannya. ( H.R. Bukhari – Muslim ) Hadits ke 2 Matan Arba’in

Setelah kita memahami secara singkat pengertian Islam di atas, maka tentu alangkah bijak jika setiap musim, mengevaluasikan diri pada setiap waktu untuk menilai dirinya, sudahkan sikap, tindakan, prilaku /atau perbuatannya sesuai dengan Islam ?

Tentu harapan dari setiap muslim dimana hidayah dari Allah selalu tercurahkan sehingga kehidupan ini selalu dalam ridho Allah subhanahu wata’ala.

Amin ya rabbal alamin

Publikasi artikel ini, atas dukungan ” Lembaga Donatur ” ▶Klik lihat

SUARA PEMBACA

 

[contact-form-7 404 "Not Found"]

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.